Assalamu'alaikum Para Ahli Surga

Jumat, 06 Desember 2013

Kebersihan Sekolah

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau.  Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain guru dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih sehat dan asri tidak lepas dari peran orang tua, swasta lembaga swadaya masyarakat mapupun pemerintah. Kondisi demikian akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungannya di lingkungan sekolah maupun masyarakan.


Program ini sangat efektif untuk membangun kebersihan sekolah, khususnya bagi sekolah yang berlantaikan keramik. Karena jika sekolah berlantaikan keramik, kita lebih mudah untuk melihat kotoran dan debu yang ada di lantai. Jadi, siswa diwajibkan untuk melepas sepatunya sebelum masuk kedalam kelas. Jika sudah terlaksana, coba bandingkan dengan sebelum melepaskan sepatu.
Memang agak sedikit merepotkan kita semua, tetapi cara ini lebih efektif untuk mewujudkan kebersihan sekolah, karena sudah terbukti melihat sekolah-sekolah yang terlihat siswanya melepas sepatu sebelum masuk kelas. Kata pepatah :

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ketepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian



   Kata pepatah tadi mengingatkan kita bahwa tidak ada kesuksesan sebelum kita mau berusaha. Jadi intinya jika kita ingin mewujudkan sekolah yang bersih dan asri, kita harus bersusah payah terlebih dahulu J

1 komentar:

  1. Titanium Games for D-Einco - A-Z - The Titanium Arts
    The microtouch titanium trim walmart design of titanium wire Titanium Games has evolved. This new game nipple piercing jewelry titanium is designed 해외배당흐름 for the game's players. titanium belly button rings

    BalasHapus