Assalamu'alaikum Para Ahli Surga

Kamis, 05 Desember 2013

Gemar Membaca


Buku adalah jendela pengetahuan. Dengan membaca buku, kita dapat menyerap banyak informasi, dapat berkelana ke berbagai negara, bahkan ke dunia dongen sekalipun. Pendeknya, dengan membaca, wawasan pengetahuan kita akan selalu bertambah. Karena ilmu di dunia tidak akan habis jika kita terus menggalinya.
Gemar membaca salah satu program kerja yang tak kalah bermanfaat untuk siswa. Dimana program ini sangat membantu siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari luar, agar mereka tidak terpaku untuk membaca buku sekolah. Program ini berbentuk seperti perpustakaan, tetapi berada didalam kelas (perpustakaan kelas), supaya siswa dapat menjangkaunya lebih mudah tanpa harus pergi ke perpustakaan.


Sebenarnya antara perpustakaan sekolah dengan perpustakaan kelas harus saling mengisi antara satu dengan yang lainnya, jadi misalnya perpusakaan sekolah mnyediakan buku-buku yang pada saat itu tidak terdapat pada perpustakaan kelas, sedangkan perpustakaan kelas menyediakan buku pelajaran yang mempunyai animasi atau gambar, agar siswa tidak jenuh saat membacanya.
Gemar membaca ini bisa dilakukan setelah jam istirahat, karena pada saat itulah pikiran siswa masih dalam keadaan segar setelah di refresh oleh jam istirahat tadi. Tak perlu lama-lama, cukup hanya 15 menit membaca, setelah itu dilanjutkan jam pelajaran sepeti biasanya. Program ini cukup efektif bagi siswa karena mempunyai beberapa manfaat, diantaranya :
1.             Meningkatkan minat baca siswa;
2.             Memperoleh ilmu dari berbagai sektor;
3.             Agar siswa tidak jenuh saat bersekolah, karena terus-terus mendapatkan materi pelajaran;
4.             Ikut mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa;
5.             Dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar